For a better life with technology

Sunday, November 12, 2017

Cara menggunakan Ms.Power Point

Dalam posting kali ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat langkah-langkah cara menggunakan ms. powerpoint. Metode-metode ini akan mengajarkan pada Anda cara membuat presentasi dari template PowerPoint (rangkai salindia yang dirancang untuk presentasi tertentu) sampai Anda bisa menyisipkan hyperlink dan membuat animasi didalam nya .

Inilah beberapa langkah untuk memulainya:

Membuat Slide Presentasi :
 1.     Buka PowerPoint. Anda akan melihat layar kosong dengan dua buah kotak di tengah layar. Salah satu           kotak bertulisan “Click to add title”, yang lain bertulisan “Click to add subtitle”
2.      Pada tab di sisi kiri atas dari layar Anda, tekan tab “File”.
3.      Pada bilah alat vertikal di sebelah kiri, pilih “New”.
4.     Jika Anda ingin memakai template, klik bagian “Sample templates”. Sebuah template adalah rangkai salindia dengan latar belakang yang telah dipilih dan dirancang untuk presentasi tertentu, seperti rencana perjalanan atau laporan status.
5.      Klik template yang Anda ingin gunakan, tergantung tujuan presentasi Anda. Jika Anda tidak menemukan jenis template yang Anda butuhkan untuk presentasi Anda, mungkin lebih baik memilih sebuah tema.anan atau laporan status.
6.     Jika Anda ingin memakai tema, klik bagian “Themes” di dalam menu “New” Sebuah tema adalah rangkai salindia dengan latar belakang yang telah dipilih dan dapat digunakan untuk presentasi secara umum.


7.   Klik template atau tema tertentu yang Anda inginkan dari daftar pilihan.
8.    Setelah tema Anda dimuat, klik kotak “Click to add title” dan “Click to add subtitle” dan tambahkan judul dan subjudul (jika diperlukan) dari presentasi Anda.

 9.    Setelah menentukan judul, klik tombol “New slide” pada tab “Slides” di atas. Anda juga bisa membuat salindia baru dengan shortcut Ctrl-M.
10.   Lanjutkan menambah informasi dan gambar sesuai kebutuhan. Dalam PowerPoint, lebih sedikit pesan kadang berarti lebih kuat pesannya.
11.     Setelah Anda menyelesaikan presentasi PowerPoint Anda, telusuri “File > Save As” dan simpan berkas sehingga Anda bisa mendapatkannya nanti.
 12.     Jika Anda ingin melihat presentasi sebagai rangkai salindia, klik pada tab “Slide Show” lalu klik pada “From Beginning” di kiri atas. Untuk melihat salindia Anda, klik tombol panah kiri dan kanan pada papan ketik untuk maju atau mundur


Memasukkan Hyperlink di Powerpoint
Selain itu agar tampilan lebih menarik dan mudah dimengerti, kita bisa menggunakan fasilitas Hyperlink agar kata-kata yang terdapat pada isi powerpoint bisa di klik menuju link yang kita inginkan. Link yang terdapat dalam powerpoint diantaranya yaitu link untuk menuju ke slide ke slide, dari slide ke file lain dll. Untuk menggunakan hyperlink, sangat mudah sekali caranya blok kata yang kita inginkan untuk menjadi hyperlink.
Kemudian klik kanan pilih hyperlink.
Untuk memilih link yang kita tuju, kita pilih pilihan yang kita ingin tentukan. Jika ingin menuju link dari slide ke slide maka pilih bookmark kemudian pilih slide yang kita inginkan untuk menjadi tujuan link atau kita juga bisa pilih Place in The document. 

Jika kita ingin menuju ke dokumen baru kita klik Create new document. Jika  kita ingin menuju ke Alamat email yang dituju maka kita pilih E-mail Address.

Membuat Animasi dan SmartArt
Animasi PowerPoint dapat diterapkan pada objek seperti text box yang berisi title,subtitle,paragraph,daftar(list),seta pada gambar,shape,smartArt,table,dan lain-lain.Pada Artikel ini di sajikan cara-cara mengolah Animasi PowerPoint 2007,terutama penggunaan custom animation yang perlu dikuasai.

1. Buka power point anda dan buat halaman atau slide baru.
2. Ketik teks yang akan dijadikan animasi teks berjalan dengan menggunakan text box. Buka tab insert kemudian klik Text Box kemudian drag pada slide anda secara memanjang horizontal. Klik kanan pada text box tersebut kemudian pilih edit text..
3. Posisikan text box tersebut dibagian bawah kiri slide dengan batas text box berada diluar slide.
4. Jika sudah mari kita buat animasinya. Klik pada text box kemudian pada tab Animation
5. Pada jendela custom animation yang biasanya berada disebelah kanan slide, klik Add effect/Entrance/More Effect dan pilih Crawl In pada pilihan Basic.
6. Masih pada jendela custom animation, lakukan pengaturan pada modify:Crawl In yaitu pada pilihan Start menjadi After Previous, pada direction ubah menjadi From Right, pada pilihan speed ubah menjadi very slow agar teks tetap dapat dibaca pada saat berjalan.
7. Agar animasi terus berjalan berulang-ulang, Klik pada drop down list effect dan pilih Timing.
8. Pada popup yang muncul aktifkan tab timing.Pada bagian Repeat ubah menjadi Unti end of slide kemudian klik OK.

Terima kasih semoga bermanfaat!




Share:

0 comments:

Post a Comment